ARTI PENTINGNYA ORGANISASI DAN METODE


Sebelum menguraikan pengertian organisasi dan metode secara lengkap, terlebih dahulu akan ditinjau secara sekilas arti dari kata organisasi dan metode.

Istilah organisasi dapat diartikan sebagai :

Wadah : sekelompok manusia untuk saling bekerja sama
Proses  : pengelompokkan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien

Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.

Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
          Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.

Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
a.      Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
b.     Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen
c.      Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
d.     Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan

Dari uraian di atas terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara manajemen, organisasi dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.

Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manajer) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.




MANAJEMEN DAN ORGANISASI

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kunoménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.
Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (
goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Kegiatan manajemen :
1.     Planning (perencanaan)
· Merupakan proses kegiatan pemikiran, dugaan dan penentuan prioritas-prioritas yang harus dilakukan secara rasional sebelum melaksanakan tindakan yang sebenarnya
· Merupakan kegiatan non fisik (kejiwaan) sebelum melaksanakan kegiatan fisik
· Sangat diperlukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan sasaran organisasi serta tujuan suatu program pembangunan
2  2.Organizing (pengorganisasian)
· Merupakan proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsionya serta penempatan mengenai orang menduduki fungsi-fungsi tersebut secara tepat.
· Dilakukan demi perencanaan, pelaksanaan dan pembagian kerja yang tepat
· Harus diperhatikan dalam penempatan orang (staffing) dilakukan secara obyektif.
· Motivating (pendorong)
· Merupakan proses kegiatan yang harus dilakukan unutk membina dan mendorong semangat dan kerelan kerja para pegawai
· Mencakup segi-segi perangsang baik yang bersifat rohanian seperti kenaikan pangkat, pendidikan dan pengembangan karier, pemberian cuti dan sebagainya maupun yang bersidat jasmaniah seperti system upah yang menggairahkan, pemberian tunjangan, penyediaan fasilitas yang lengkap dan sebagainya.
3  3. Controlling (pengendalian)
· Merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan penilaian sehingga dapat mencapai tujuan seperti yang direncanakan
· Sangat penting untuk mengetahui nsampai dimana pekerjaan sudah dilaksanakan
· Dapat dilakukan evaluasi, penentuan tindakan korektif ataupun tindak lanjut, sehingga pengembangan dapat ditingkatkan pelaksanaanya.
4 4. kegiatan manajemen tersebut tidak dapat terlaksana tanpa adanya sumber-sumber ataupun sarana yang harus didayagunakan secara tepat. Sumber-sumber yang dimaksud disebut 6 M (The six M’s in management istilah Goerge R Terry) yitu :
· Manusia atau tenaga kerja (Manpower)
· Uang atau dana (Mpney)
· Bahan-bahan atau material (Materials)
· Mesin dan peralatan (Machines and Equipment)
· Tata kerja atau (methods)
· Pasar (Market)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA

Contoh Autobiografi

Struktur Pasar