Tugas Bahasa Indonesia 3


Tugas diselesaikan oleh kelompok (maksimal 3 mahasiswa), waktu pengumpulan tugas 2 minggu, dimulai dari hari ini (7 November 2012). Tugas harus diupload pada masing-masing blog student.
Contoh artikel :
1. Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.
2. Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic)untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.

Kelompok :      Afrizal Azhari 10110266
                        Baruna Sukmana 11110333
                        Hendrian 13110219

Artikel perbaikan
1. Apa yang pertama kali muncul di layar monitor ketika Anda menggunakan perangkat lunak sistem yang  disebut  dengan antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang dapat dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dasbor (dashboard) yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi. Antarmuka ini juga memiliki tombol dan tombol pemutar (switch) untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda dapat memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau fail (file) data yang hendak dibuka.
2. Pemindai atau pemindai optic (Scanner atau scanner optic) menggunakan alat sensor cahaya (optik) untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian dapat diproses oleh komputer yang dapat ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke komputer lain. Pemindai telah menjadi awal dunia industri baru, yakni elektronik pencitraan (electronic imaging) , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan pemindai, kamera digital, dan komputer grafis yang canggih.


Tugas:
1. Tentukan ragam bahasa artikel di atas!
Ragam bahasa yang digunakan pada artikel tersebut adalah ragam bahasa ilmiah.

2. Cari diksi (pilihan kata) dalam bidang sitem informasi yang ditemukan pada artikel tersebut dan jelaskan secara definitif.
Kata ada diganti dengan kata muncul.
Kata bisa diganti dengan kata dapat
Kata dashboard diganti dengan kata dasbor. Dashboard : Panel yang berisi alat-alat kontrol
Kata switch diganti dengan kata tombol pemutar
Kata file diganti dengan kata fail. File : berkas
Kata scanner/scanner optic diganti dengan kata pemindai/pemindai optic : Penyaring gambar
Kata electronic imaging diganti dengan kata elektronic pencitraan
Interface : antarmuka, 
sarana atau medium atau sistem operasi yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat mikroprosesor agar dapat berkomunikasi dengan pengguna (user)

3. Temukan kesalahan penalaran, penulisan, dan efektivitas kalimat (gramatikal kalimat) (jika ada) dan lakukan perbaikan pada kalimat tersebut.

·         Kalimat pada baris pertama :  … ketika Anda menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface). Kata Anda pada kalimat ini tidak perlu dilesapkan.
·         Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain. Dalam kalimat ini harus ditambahkan kata dapat karena kalimat tidak bernalar

4. Temukan kalimat topik dalam artikel di atas dan kembangkan opini kalian dengan topik tersebut.
Penggunaan sistem perangkat lunak dan perangkat keras. Penggunaan komputer oleh manusia agar dapat berkomunikasi dengan perangkat mikroprosesor dihubungkan melalui sebuah antarmuka.
Scanner/pemindai adalah alat yang digunakan untuk menterjemahkan teks, gambar, dan foto ke bentuk file digital. Scanner menterjemahkan objek  tersebut menggunakan sebuah sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Sensor yang ada pada scanner tersebut mendeteksi struktur, tulisan, maupun gambar dari objek yang discan tersebut dan dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital. Scanner termasuk kategori alat input komputer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA

Contoh Autobiografi

Struktur Pasar