Tugas Bahasa Indonesia : Rancang Outline


Pengaruh Game Online di Kalangan Remaja



Akhir-akhir ini bagi para kalangan pelajar mungkin tidak asing dengan permainan game online. Bisnis warnet yang berada di belakang berkembangannya permainan game online ini menjamur di kota-kota besar di Indonesia. Perkembangan warnet di Indonesia saat semenjak beberapa tahun ini terlihat sangat pesat. Bayangkan saja jumpai hampir disetiap pinggir jalan dapat kita temui beberapa warnet yang menyediakan fasilitas internet untuk browsing maupun game online. Di beberapa warnet umumnya terlihat dipenuhi oleh kalangan pelajar yang tak kelak selalu datang untuk menghabiskan waktunya bermain game online dan terkadang mereka rela untuk tidak masuk sekolah ( bolos ) hanya demi bermain game online. Apa yang dilakukan pelajar tersebut terkadang tanpa diketahui oleh orang tua mereka, ada saja alasan mereka untuk meyakinkan orang tua nya, entah itu belajar di rumah teman, atau ada acara sekolah. Dalam hal ini seharusnya para orang tua harus lebih memperhatikan lagi anak anak mereka, paling tidak mengetahui kemana mereka setelah pulang sekolah.

Pegaruh negatif :

pelajar yang bermain game online hanya menghambur hamburkan waktu dan uang secara sia sia .
bermain game online membuat mereka menjadi ketagihan .
terkadang lebih merelakan sekolahnya untuk bermain game online (bolos sekolah).
dengan bermain game online tersebut juga bisa membuat mereka lupa waktu, untuk makan, beribadah, waktu untuk pulang ,dll.
dengan terlalu sering berhadapan dengan monitor secara mata telanjang dapat membuat mata nya menjadi minus , nyatanya umur mereka masih muda muda.
anak tersebut jadi sering berbohong kepada orang tuanya karena ia awalnya pamit untuk berangkat sekolah ternyata ia bolos sekolah untuk bermain game online.

Pengaruh positif :

pelajar tersebut dapat menguasai komputer lebih lanjut .
dengan bermain game online secara langsung ia dapat mengerti bahasa Inggris yang dipergunakan pada gamenya tak jarang mereka juga mesti mengartikan sendiri kata kata yang mereka tidak ketahui.
dari game online ini dapat menambah teman mereka walaupun hanya didunia nyata maupun maya .
bagi yang telah mempunyai ID dari salah satu game onlinenya yang telah jadi (GG) mereka dapat menjualnya dengan orang lain dan akhirnya mendapatkan uang dari hasil tersebut.


Kerangka Karangan
  • Topik : Game Online
  • Tema : Pengaruh game online di kalangan remaja
  • Pengaruh negatif game online :  menghamburkan uang dan membuang waktu, sekolah terbengkalai, berbohong pada orang tua dan dapat menyebabkan kerusakan mata
  • Pengaruh positif game online : skill di bidang komputer serta bahasa inggris dapat terasah, mendapatkan teman baru, dan mendapatkan uang dari menjual karakter/id game online masing-masing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA

Contoh Autobiografi

Struktur Pasar