Tugas Bahasa Indonesia : Rancang Outline
Pengaruh Game Online di
Kalangan Remaja
Akhir-akhir ini bagi para
kalangan pelajar mungkin tidak asing dengan permainan game online. Bisnis
warnet yang berada di belakang berkembangannya permainan game online ini
menjamur di kota-kota besar di Indonesia. Perkembangan warnet di Indonesia saat
semenjak beberapa tahun ini terlihat sangat pesat. Bayangkan saja jumpai hampir
disetiap pinggir jalan dapat kita temui beberapa warnet yang menyediakan
fasilitas internet untuk browsing maupun game online. Di beberapa warnet
umumnya terlihat dipenuhi oleh kalangan pelajar yang tak kelak selalu datang
untuk menghabiskan waktunya bermain game online dan terkadang mereka rela untuk
tidak masuk sekolah ( bolos ) hanya demi bermain game online. Apa yang
dilakukan pelajar tersebut terkadang tanpa diketahui oleh orang tua mereka, ada
saja alasan mereka untuk meyakinkan orang tua nya, entah itu belajar di rumah
teman, atau ada acara sekolah. Dalam hal ini seharusnya para orang tua harus
lebih memperhatikan lagi anak – anak mereka, paling
tidak mengetahui kemana mereka setelah pulang sekolah.
Pegaruh negatif :
pelajar yang bermain game
online hanya menghambur – hamburkan waktu dan uang secara sia –
sia .
bermain game online membuat
mereka menjadi ketagihan .
terkadang lebih merelakan
sekolahnya untuk bermain game online (bolos sekolah).
dengan bermain game online
tersebut juga bisa membuat mereka lupa waktu, untuk makan, beribadah, waktu
untuk pulang ,dll.
dengan terlalu sering
berhadapan dengan monitor secara mata telanjang dapat membuat mata nya menjadi
minus , nyatanya umur mereka masih muda – muda.
anak tersebut jadi sering
berbohong kepada orang tuanya karena ia awalnya pamit untuk berangkat sekolah
ternyata ia bolos sekolah untuk bermain game online.
Pengaruh positif :
pelajar tersebut dapat
menguasai komputer lebih lanjut .
dengan bermain game online
secara langsung ia dapat mengerti bahasa Inggris yang dipergunakan pada gamenya
tak jarang mereka juga mesti mengartikan sendiri kata –
kata yang mereka tidak ketahui.
dari game online ini dapat
menambah teman mereka walaupun hanya didunia nyata maupun maya .
bagi yang telah mempunyai ID
dari salah satu game onlinenya yang telah jadi (GG) mereka dapat menjualnya
dengan orang lain dan akhirnya mendapatkan uang dari hasil tersebut.
Kerangka Karangan
- Topik : Game Online
- Tema : Pengaruh game online di kalangan remaja
- Pengaruh negatif game online :
menghamburkan uang dan membuang waktu, sekolah terbengkalai,
berbohong pada orang tua dan dapat menyebabkan kerusakan mata
- Pengaruh positif game online : skill di bidang komputer serta
bahasa inggris dapat terasah, mendapatkan teman baru, dan mendapatkan uang
dari menjual karakter/id game online masing-masing.
Komentar
Posting Komentar